Kamis, 13 Agustus 2015

Blueberryb



Blueberry adalah tanaman berbunga dengan buah berwarna indigo. Blueberry merupakan bagian dari Cyanococcus dalam genus Vaccinium (genus yang juga mencakup cranberry dan bilberry). Spesies di bagian Cyanococcus yang paling umum adalah blueberry dan merupakan buah yang aslinya dari Amerika Utara.

Tanaman blueberry biasanya tegak, tingginya bervariasi antara 10 cm sampai 4 meter. Dalam produksi komersial blueberry, spesies yang lebih kecil dikenal sebagai blueberry semak rendah (identik dengan blueberry liar), sedangkan spesies yang lebih besar dikenal sebagai semak blueberry tinggi.

Daun berwarna hijau, berbentuk bulat telur, dengan ukuran panjang 1-8 cm dan lebar 0,5-3,5 cm. Bunganya berbentuk seperti lonceng, bisa berwarna putih, merah muda atau merah, kadang-kadang berwarna hijau pucat. Buahnya berukuran 5-16 milimeter dengan mahkota melebar di ujungnya. Pada awalnya, buah berwarna hijau, kemudian berubah menjadi merah keunguan, dan akhirnya ungu gelap saat matang. Buah ini ditutupi lapisan pelindung dari tepung lilin. Memiliki rasa manis saat matang, dengan berbagai derajat keasaman. Semak Blueberry biasanya berbuah di tengah musim tanam, dipengaruhi oleh kondisi lokal seperti ketinggian dan lintang, sehingga puncak panen tanaman dapat bervariasi dari Mei hingga Agustus (di belahan bumi utara) tergantung pada kondisi ini.



Identifikasi

Blueberry yang dijual secara komersial, biasanya berasal dari spesies yang tumbuh di wilayah timur  dan  utara Amerika. Genus yang lain, berasal dari wilayah lain, termasuk Pasifik barat laut dan bagian selatan Amerika Serikat, Amerika Utara, Eropa dan Asia, termasuk jenis bluberry liar yang mirip, seperti huckleberries dan whortleberries (Amerika Utara) dan bilberries (Eropa). Spesies ini biasanya juga disebut blueberry dan dijual sebagai selai atau produk lainnya

Cyanococcus blueberries dapat dibedakan dari bilberries berdasarkan warna buahnya ketika dipotong. Daging blueberry matang berwarna hijau muda, sedangkan pada bilberries, whortleberries dan huckleberries berwarna merah keunguan.

Budidaya Blueberry

Blueberry dapat dibudidayakan, atau juga dapat dipetik dari semak-semak semi liar  atau liar. Di Amerika Utara, spesies yang paling umum dibudidayakan adalah V. corymbosum, blueberry highbush utara. Hibrida ini dengan spesies Vaccinium lainnya disesuaikan dengan iklim AS selatan yang dikenal secara kolektif sebagai blueberry highbush selatan.

Jadi yang disebut "liar" (lowbush) blueberry, lebih kecil dari yang highbush yang dibudidayakan,. The lowbush blueberry, V. angustifolium, ditemukan dari provinsi Atlantik ke barat, ke Quebec dan selatan ke Michigan dan Virginia Barat. Di beberapa daerah,dihasilkan "blueberry tandus", di mana itu adalah spesies dominan yang meliputi daerah yang luas. Beberapa komunitas Bangsa Pertama di Ontario terlibat dalam budidaya blueberry liar.

"Wild" telah diadopsi sebagai istilah pemasaran untuk panen hasil dari blueberry lowbush. Semak-semak tidak ditanam atau secara genetik dimanipulasi, tetapi mereka dipangkas atau dibakar selama setiap dua tahun.

Banyak kultivar highbush blueberry yang tersedia, dengan perbedaan di antara mereka, masing-masing memiliki rasa yang unik. Program pemuliaan blueberry yang paling penting telah menjadi program pemuliaan USDA-ARS berbasis di Beltsville, Maryland, dan Chatsworth, New Jersey. Program ini dimulai ketika Frederick Coville dari USDA-ARS berkolaborasi dengan Elizabeth Coleman Putih dari New Jersey.
The rabbiteye blueberry (Vaccinium virgatum syn. V. ashei) adalah jenis blueberry yang dihasilkan dari Selatan Carolina ke negara-negara Gulf Coast. Spesies penting lainnya di Amerika Utara termasuk V. pallidum, lereng bukit atau blueberry lahan kering. Blueberry ini adalah asli dari Amerika timur, dan umum didapatkan di  Appalachian dan Piedmont.. Sparkleberry, V. arboreum, adalah spesies liar umum di tanah berpasir di Tenggara.

Penyeberan Blueberry

Produksi blueberry yang cukup signifikan ada di British Columbia, Maryland, Western Oregon, Michigan,New Jersey, North Carolina, dan Washington. Produksi blueberry semak tinggi di California, meningkat tajam setelah dikenalkannya varietas baru yang dikembangkan oleh Universitas Florida, Connecticut, New Hampshire, Carolina utara dan Maine. Blueberry semak tinggi ini, saat ini juga ditanam di Mediterrania yang merupakan bagian dari Eropa dan juga di belahan selatan serta China.

Amerika Serikat
Georgia mempunyai musim panen yang panjang, mulai dari bulan April sampai dengan akhir Juli. Dalam 10 tahun terakhir ini, Georgia merupakan pemain besar dalam pasar global blueberry. Georgia merupakan peringkat ke 4 atau ke 5 yang memproduksi blueberry di Amerika Serikat, menyumbang produksi hampir 10 %. Pada tahun 2012, Georgia memproduksi 77 milyar pon blueberry dari lahan seluas 15.000 hektar. Maine memproduksi 25% dari semua blueberry di Amerika Utara dengan lahan seluas 24.291 hektar. Blueberry merupakan komoditas utama dari Maine.
Hammonton, New Jersey mengklaim sebagai Pusat produksi blueberry dunia, dengan lebih dari 80% blueberry di New Jersey dihasilkan di kota ini. Setiap tahun, kota ini menggelar festival besar yang menarik perhatian ribuan orang untuk merayakan buah ini.
Michigan adalah pemimpin dalam produksi blueberry semak tinggi. Di tahun 1998, Michigan memproduksi 220.000 ton blueberry, di mana 32% nya dikonsumsi di Amerika Serikat.

Masa panen

Masa panen blueberry di Amerika Utara bervariasi. Mulai pada awal Mei dan biasanya berakhir pada akhir musim panas. Di belahan bumi selatan (Australia, Chili, Selandia Baru dan Argentina) memiliki jangka waktu panen yang lebih panjang. Di Australia, misalnya, karena penyebaran geografis blueberry, pertanian dan pengembangan teknik budidaya baru, industri ini mampu memberikan blueberry segar selama 10 bulan dalam setahun -. Dari bulan Juli hingga April. Mirip dengan buah-buahan lainnya dan sayuran,, penyimpanan iklim dikendalikan memungkinkan petani untuk melestarikan blueberry yang dipetik. Panen di Inggris dari bulan Juni sampai Agustus. Meksiko juga dapat panen dari Oktober sampai Februari.

Metode Panen

Meskipun secara tradisional, blueberry dipanen dengan menggunakan tangan, petani modern saat ini menggunakan mesin untuk mengguncang semak, sehingga buah blueberry berjatuhan. Kemudian buah ini dibawa ke pembersihan / fasilitas pengemasan di mana blueberry itu dibersihkan, dikemas, kemudian dijual.






Penggunaan

Blueberry dijual secara segar atau diproses dalam bentuk buah beku (IQF / Individually Quick Frozen), juice atau dikeringkan. Bisa juga dibuat menjadi jelly, selai, pie, muffin, cereal. Selai bluberry dibuat dari blueberry segar, gula, air dan pectin. Minuman blueberry anggur, dibuat dari buah berry segar yang difermentasikan dan dimatangkan. Blueberry yang digunakan biasanya dari jenis semak rendah.

Nilai Gizi

Blueberry mengandung sejumlah mikronutrien dengan jumlah yang sedang bila dibandingkan dengan nilai kecukupan gizi harian, diantaranya mangan, vitamin C, vitamin K dan serat (Lihat pada tabel). Blueberry mengandung kalori yang rendah, 57 kcal per 100 gram penyajian, dengan indek gula 6 dari 100 per hari, yang membuat blueberry baik bagi penderita diabetes

Phytochemicals

Blueberry mengandung anthocyanins dan polyphenols lain serta beberapa phytochemicals yang dalam penelitian mempunya peranan yang potensial untuk tubuh manusia. Sejumlah penelitian menggunakan blueberry semak tinggi (V. Corymbosum), dimana kandungan polyphenols dan anthocyanins pada blueberry semak rendah (V. Angustifolium) melebihi nilai yang ditemukan pada tipe blueberry semak tinggi.
Blueberry juga mengandung methylparaben yang pada tanaman berfungsi sebagai antimikroba dan dapat mengusir lalat buah.

 

Blueberries, raw
A punnet of blueberries
Nutritional value per 100 g (3.5 oz)
240 kJ (57 kcal)
14.49 g
9.96 g
2.4 g
0.33 g
0.74 g
(0%)
32 μg
80 μg
54 IU
(3%)
0.037 mg
(3%)
0.041 mg
(3%)
0.418 mg
(2%)
0.124 mg
(4%)
0.052 mg
(2%)
6 μg
(12%)
9.7 mg
(4%)
0.57 mg
(18%)
19.3 μg
(1%)
6 mg
(2%)
0.28 mg
(2%)
6 mg
(16%)
0.336 mg
(2%)
12 mg
(2%)
77 mg
(0%)
1 mg
(2%


Untuk Pemesanan Dapat Menghubungi :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar